Jumat, 20 Juni 2014

Kuliah di UT prestasi makin diakui



          Universitas Terbuka atau UT merupakan kampus yang unik dan beda dari yang lain. Kenapa demikan??? karena cukup dengan belajar di rumah dengan cara online melalui PC atau gadget/HP anda bisa kuliah dengan bebas tapi medidik. saya memliki kesibukan yang luar biasa sebagai staf tata usaha di Madrasah Swasta di Kabupaten Serang-Banten yang mana sehari harinya berkutat dengan data dan kertas yang mesti di kerjakan dengan teliti sehingga saya tidak dapat kuliah di universitas reguler yang mesti tatap muka dengan Dosen. Saya sempat berfikir apakah saya tidak perlu melanjutkan pendidikan ?? karena kesibukan di pekerjaan ini??? namun saya tetap optimis dan berusaha dengan yakin kepada Allah SWT. hari berganti hari, minggu berganti minggu namun belum juga saya temukan universitas mana yang cocok dengan kriteria yang saya idamkan, bisa kuliah dengan tidak meninggalkan pekerjaan. namun pencarian itu berhenti setelah 2 tahun, tepatnya di tahun 2009 akhirnya saya menenmukan apa yang saya cari, yaitu UT!

           Saya akhirnya menemukan brosur penerimaan mahasiswa baru di internet setelah iseng beronline ria, mata saya tertuju pada web http://www.ut.ac.id disana tertera pengumuman penerimaan mahasiswa baru periode 2009.2 saya terlonjak kegirangan: eureka!! eureka!! akhirnya kumenemukanmu! hari itu Kamis, 02 juli 2009 saya masih di rumah dan menghitung uang, astaghfirullah!!! di dompet cuma ada Rp 250.000, bisa apa dengan uang segini??? karena sudah bulat saya tetap melangkah menuju kota Serang tempat UPBJJ-UT berada, apa pun yang terjadi saya mesti daftar hari ini, kuliah harus tetap berlanjut. setelah ngobrol panjang lebar akhirnya saya tahu bahwa pembayaran kuliah di UT terjangkau dan sesuai kemempuan mahasiswanya. dengan uang 250.000 di tangan saya mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UT Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi dengan meregistrasikan hanya satu mata kuliah yakni mata kuliah akuntansi sektor publik dan membeli jaket Almamater ukuran M yang sekarang jarang saya pakai karena sudah tidak muat (badan saya bertambah gemuk). Alhamdulillah saya sekarang sudah menjadi mahasiswa UT walaupun ada kelakar dari Pak Wawan (petugas entri pada waktu itu) yang mengatakan pada saya : "tanggung amat cuma mengambil 1 MK, kapan Lululus nya mas???" apapun yang beliau katakan saya hanya bisa tersenyum  toh yang kuliah kan saya ini apa urusanya dengan semua yang dikatakan beliau.

            Semester berikutnya saya kuliah dengan memanfaatkan fasilitas tutorial online yang sangat membantu sekali khusunya pada nilai, bersyukur sekali selama kuliah di UT saya hanya sekali gagal di semester V. Nilai saya di semester V rata-rata C dan D namun itu hanya sekali saja selebihnya saya berhasil di tiap ujian yang pada akhirnya saya berkesempatan mendapatkan beasiswa prestasi dan BBM (bantuan belajar mahasiswa) dari DEPDIKNAS (Sekarang DEPDIKBUD) 2 tahun berturut-turut, benar-benar berkesan kuliah di UT, sudah biayanya murah dan terjangkau dapat duit lagi dari DEPDIKNAS karena prestasi yang kita raih di UT padahal waktu itu saya benar-benar sibuk banget di Madrasah, tapi alhamdulilah saya menyempatkan waktu mengikuti Tutorial Online (TUTON) di malam hari, dengan membaca inisiasi, modul dan mengerjakan tugas secara online di web UT saya dengan penuh keyakinan bisa berkata: saya akan lulus dengan cepat minimal 4 tahun setara dengan teman-teman saya yang kuliah di universitas  yang reguler tatap muka dengan dosen. UT benar-benar unik dan luar biasa. saya sangat bersyukur dengan hadirnya UT dengan semangat belajar jarak jauhnya, benar-benar hebat. saya bahkan dapat mengalahkan kakak kelas saya yang kuliah di salah Universitas swasta di Banten, teman saya itu bahkan sampai saat ini belum lulus kuliah karena hambatan pekerjaannya sebagai guru di salah satu SMK negeri di Cinangka-Serang. saya akhirnya merekomendasikan untuk pindah ke UT dan menyelesaikan pendidkannya di UT berharap ada solusi win-win solution untuknya agar terbebas dari status Mahasiswa Abadi.

           Sekarang saya sudah lulus dari UT dengan menggondol gelar Sarjana Akuntansi (S.Akt), dari segi pekerjaan saya sekarang memiliki nilai tambah dibandingkan staf staf yang lain di Madrasah tempat saya bekerja. sekarang saya bertugas menghandle membuat laporan keuangan dan laporan Biaya Opersional Sekolah (dana BOS). Belajar di UT telah membuat saya berubah menjadi insan pembelajar, prestasi di tempat kerja telah saya dapatkan karena Kepala Madrasah telah mempercayakan kepada saya sebagai Kepala Staf TU, prestasi ini patut saya  syukuri karena ini butuh perjuangan yang panjang, sedikit banyak, UT telah membantu saya dalam meningkatkan prestasi dan prestise di masyarakat. Terima kasih UT, terima kasih kepada para Dosen  di manapun anda berada yang telah membantu saya dalam Tutorial Online, kepada Dosen yang saya tidak tahu namanya yang telah membimbing saya di Pembimbingan Karil (Karya Ilmiah) Online, saya haturkan terima kasih karena telah membantu dalam merevisi Karil hingga Karil yang saya buat dapat diterima dan dinyatakan lulus. Kepada Civitas Akdemika UT semuanya saya haturkan terima kasih, anda pun amat berjasa dalam membantu saya, kepada sahabat yang membantu seperti Bp Sayuti, S.Akt, Mbak Janah, Oktarina, S.Akt, dan yang lainnya yang tidak dapat saya sebut namanya terima kasih atas bantuan dan bimbingannya semoga apa yang sahabat bantu menjadi ladang amal dan dibalas oleh Allah SWT. Aamiin

"Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-30. Tulisan ini adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan"


0 komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top